Potong Kuku

by | |
Dari jaman Aisyah bisa bilang 'Enggak' dan kabur kalau disuruh melakukan sesuuatu yang dia nggak mau, paling susah adalah membujuk Aisyah buat potong kuku. Padahal, kan, kuku panjang itu sarangnya penyakit. Dari mulai debu sampai telor naga cacing bisa nyelip di kuku. Seumur-umur belum pernah sukses motong kuku Aisyah pas Aisyah lagi bangun. Walhasil, si Mamah harus menunggu Aisyah tidur baru bisa potong rapi kukunya. Tapi karena suka kelupaan motong kuku pas Aisyah tidur, suka kecolongan juga tiba-tiba kuku Aisyah udah pendek tapi rege-rege karena digigitin.

Nah, hari ini tibalah saatnya untuk potong kuku Aisyah lagi. Mau potong tunggu Aisyah tidur takut kelamaan karena udah ada indikasi kuku telunjuk kirinya mulai digigitin.
Tiba-tiba saya keingetan, beberapa bulan ini Aisyah lagi terobsesi sama salon. Mulai dari main salon-salonan sampai pengen nyalon beneran.
Akhirnya saya coba deh trik main salon-salonan buat potong kuku Aisyah.

Saya ajak Aisyah 'manicure'. Ya gak manicure beneran kaya di salon lah. Awalnya Aisyah nolak, entah kenapa ini anak anti banget potong kuku. Tapi pas saya bilang, nanti kukunya dibersihin, digunting, terus dikasih lotion kaya di salon. Saya ngomong gitu samil nunjukin body butter saya. Eh dia mau, lho. Dan beneran, selama 10 menit dia anteng duduk sambil saya potong kukunya. Sambil potong kuku gitu saya berperan jadi 'Mbak Salon' dan si Aisyah jadi pelanggan salon yang bernama 'Tante Jelly' *iya akhir-akhir ini Aisyah juga suka ngarang karakter dan nama orang :D*, terus kita potong kuku sambil ngobrol-ngobrol. Hihihi. Dan selesai potong kuku, sesuai janji, saya kasih tangan dan kakinya body butter.

Nah, ga lama abis acara 'manicure' itu, pas saya lagi nenein Rafa, tiba-tiba Aisyah minta dikutekin. Saya minta tunggu sebentar soalnya masih nenein Rafa. Tapi ga sabar gitu anaknya dan mulai berisik, akhirnya dengan posisi ajaib sambil nyusuin Rafa saya sukses ngutekin ke-10 jari tangan Aisyah.



Kuteknya agak beleberan, sih *lah posisinya sambil tiduran*, tapi no worries. Soalnya saya pake Piggy Paint (Aisyah pake warna Ice Cream Dream). Itu kutek buat anak-anak gitu. Dia water based, jadi ga beracun dan ga bau menyengat. Bersihinnya juga dia ngeletek sendiri. Dan kutek yang nempel di kulit bisa dicuci bersih pakai air.

Jadi emang, ya, emak-emak itu harus kreatif. Pendekatan 'ngajak main' jauh lebih efektif daripada pendekatan 'nyuruh-nyuruh' atau 'ngancem'. Tapi ya itu dia, pendekatan 'ngajak main' emang butuh kesabaran tinggi. Ide kreatif buat ngajak Aisyah belajar/melakukan sesuatu sih banyak, tapi kesabarannya itu yang masih harus di drill. Heheh.


*foto diambil dari website Piggy Paint

0 comments:

Post a Comment