Jagad Alit

by | |
Hari Minggu lalu, saya sama Aisyah ikutan parenting class - slah - workshop yang seru banget. Parenting class ini diadain sama Jagad Alit, semacam lembaga lokal Bandung yang mengadaptasi sistem pendidikan Waldorf. Intinya, sistem Waldorf ini mengajak anak belajar melalui bermain, jadi suasana belajar akan menyenangkan dan tanpa beban buat anak. Kalau mau tau lebih banyak soal Waldorf, mangga googling aja *hehe*.

Anyway, parenting class Jagad Alit ini adalah parenting class yang paling seru yang pernah saya ikutin. Kelas ini memang ditujukan buat ibu dan anak. jadi selama parenting class, bukan cuma si emak yang dapet ilmu, si anak juga bisa seseruan sekaligus dapet hal baru (dan teman baru!).

Jadi, pertama dateng, saya dan Aisyah masuk ke sebuah ruangan yang dipersiapkan buat ruang bermain anak. Saya aja liatnya seru, apalagi Aisyah. Di ruangan bermain ini ada home-made play doh dan hiasan-hiasan, finger puppets, balok-balok kayu, juga mainan-mainan lain yang kayaknya dibikin sendiri sama Teteh-teteh Jagad Alit. Dateng-dateng Aisyah langsung diajak main play doh sama Ambu Agie, salah satu pentolan *halah pentolan* Jagad Alit yang juga senior saya pas kuliah. Aisyah seneng banget. Udahlah emang hobinya main play doh, pun play dohnya banyak banget dengan berbagai hiasan yang menarik kaya kerang-kerangan, batu-batu, manik-manik, sampai glitter.

Setelah Aisyah terbiasa sama mainan dan teman-teman barunya, saya pun diajak ke ruangan parenting class. Di ruangan ini sudah menunggu Teh Kenny yang akan memberikan materi tentang 'How To Keep Your Kids Busy While You,re Doing Housework'. Materinya seru banget dan pakai contoh sehari-hari, jadi gampang dicerna dan diterapkan tentunya. Inti dari parenting class ini adalah, daripada menyerahkan anak kita pada 'electronic nannies' (TV, games console, tablet pc, dll), mendingan ikut melibatkan anak kita dengan pekerjaan rumah yang sesuai kemampuan usianya. Dan karena kelasnya kecil, maka suasana sharing juga lebih seru dan akrab. Oya, untuk materi lengkap silakan main-main ke notes Mbak Evi, salah satu peserta hari itu.

Selama saya di kelas parenting, beberapa kali Aisyah 'nyusul' masuk ruangan buat nunjukin kue play doh yang dia bikin. Sudah kue play doh nya saya terima, dia balik lagi ke ruang bermain. Salut deh sama Ambu Agie yang sabar nganterin Aisyah bolak-balik dan jagoan banget bujuk Aisyah buat kembali ke ruang bermain. Oiya ini salah satu 'kue' play doh buatan Aisyah:



Kue play doh ini tampak menggiurkan dengan isian manik-manik, kerang, beras warna-warni, gundu, dan taburan glitter :d.

Selesai parenting class, ibu-ibu kemudian diajari merajut sederhana. Tujuannya biar kedepannya ibu-ibu bisa bikin soft toys sendiri tanpa perlu dikit-dikit beli. Sayangnya sepertinya saya tidak kurang berbakat merajut, hehe.iya, di Jagad Alit ini rata-rata mainan yang dipakai buatan sendiri, lho. Saya juga dapet tips gimana cara bikin cat air yang aman dan mudah dibersihkan meskipun dipakai coret-coret tembok. bahannya cuma pewarna makanan, air, dan tepung maizena untuk mengentalkan.

Pas ibu-ibu merajut, rupanya anak-anak diajarin teknik tie-dye sederhana. Mereka mencelup kertas tissue dengan cat berbagai warna untuk menghasilkan campuran warna yang unik. Ini hasil tie dya Aisyah.



Kata Aisyah, tie dye ini judulnya 'siang', karena warna-warnanya cerah. Nah kalau yang ini judulnya 'malam'.



Untuk ukuran umur Aisyah yang baru 3 tahun 8 bulan ini menurut saya *sebagai emaknya* hasil tie dye nya oke banget. Perpaduan warnanya bagus banget. Dan teknik nyelupnya juga kayaknya oke, terlihat dari hasilnya yang ga belepotan. Mungkin dia berbakat meneruskan konglomerasi emaknya di dunia fesyen kelak. Heheh.

Anyway, ternyata bukan cuma emaknya yang menikmati sesi parenting class kali ini. Aisyah juga suka banget. Besokannya dia ngajakin lagi ketemu temen-temen dan main play doh. Sayangnya parenting class ini belum ada jadwal lagi karena bulan April nanti Teh Kenny dan Ambu Agie harus workshop Waldorf lanjutan. Saya sih mendoakan kelak Jagad Alit bisa punya sekolah beneran. Soalnya seru banget ini sistem pendidikan Waldorf. Aisyah aja yang susah adaptasi, terbukti gampang banget adaptasi dan betah bermain. Katanya, di Indonesia belum ada sekolah yang based on Waldorf education. Ada di Jakarta, tapi dia nggak full Waldorf, baru inspired by Waldorf aja.

Saya sih pastinya looking forward for next Jagad Alit's class. Oiya buat temen-temen yang pengen tau lebih banyak soal Jagad Alit, sila cek fanpage facebook mereka di: Jagad Alit - Waldorf. Hope you'll be as interested as I do ;).

0 comments:

Post a Comment